Sekolah Kedinasan Lebih Terjamin Setelah Lulus

By | May 11, 2021
Spread the love

Banyak alternatif pendidikan yang bisa kalian pilih selepas tamat sekolah menengah atas atau SMA. Jika kalian tidak diterima masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN jangan pernah merasa bersedih. Salah satu alternatif lain yang bisa kalian pilih yaitu bersekolah di sekolah kedinasan.

Sekolah Kedinasan Lebih Terjamin

Sekolah kedinasan menjadi alternatif bagi kalian yang ingin maksimal dalam pembelajaran suatu bidang. Tidak hanya itu saja sekolah kedinasan dinilai mampu memberikan masa depan yang lebih baik kepada pada tarunanya setelah selesai pendidikan.

Sekolah Kedinasan Di Indonesia

Berbicara mengenai sekolah kedinasan untuk di Indonesia sendiri jumlahnya tergolong banyak. Nantinya kalian bisa memilih mana saja sekolah yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Namun di antara banyaknya sekolah kedinasan ada beberapa yang populer karena mampu memberikan jaminan yang lebih baik bagi para tarunanya, dan beberapa sekolah tersebut antara lain.

  • Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Sekolah yang pertama yaitu Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang mana sekolah kedinasan ini berada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sekolah ini bertugas menyelenggarakan pendidikan profesional pada bidang transportasi darat.

Untuk jurusannya sendiri ada lima yaitu Jurusan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Jurusan Transportasi Darat, Jurusan Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (LLASDP), Jurusan Perkeretaapian dan Jurusan Penguji Kendaraan Bermotor. Melihat banyaknya jurusan tadi tentunya akan memudahkan kalian dalam menentukan pilihan.

  • Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah yang satu ini berada pada naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sekolah ini merupakan sekolah kedinasan dengan jenjang Diploma IV dan tujuan dari sekolah ini agar mampu menciptakan SDM berkualitas terutama pada bidang siber dan juga sandi. Untuk jurusannya ada dua pilihan yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Teknik Persandian.

  • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah ini dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan sudah berlangsung sejak 1958. Sekolah ini memiliki jenjang pendidikan Diploma IV tugasnya yaitu mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan terutama pada bidang statistika dan juga komputasi statistik. Untuk jurusannya ada dua pilihan seperti Jurusan Komputasi Statistik dan Jurusan Statistika.

  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Jika kalian tertarik bekerja pada bidang intelijen sepertinya Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) ini sangat pas untuk kalian pilih. Sekolah yang berada pada naungan Badan Intelijen Negara (BIN) akan mengajarkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan ilmu intelijen serta nantinya para taruna akan ditempa baik fisik maupun mental secara keras.

Sekolah ini berdiri tentunya memiliki sebuah tujuan yaitu menjadikan para tarunanya sebagai anggota masyarakat intelijen dengan keahlian profesional yang berguna untuk menjaga persatuan serta kesatuan NKRI. Untuk jurusan ada dua yaitu Jurusan Analisis dan juga Jurusan Agen.

  • Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) berada pada naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang sudah ada sejak 1952. Sekolah ini sebenarnya mengalami pergantian nama yang sekarang bernama STPI dulunya bernama Akademi Penerbangan Indonesia (API)

Sekolah ini berdiri dengan memiliki tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan dalam bidang penerbangan serta mampu menciptakan penerbangan-penerbangan bermutu tinggi. Untuk jurusannya sendiri ada empat yaitu Jurusan teknik Penerbangan, Jurusan penerbangan, Jurusan Keselamatan penerbangan dan juga Jurusan Manajemen Penerbangan.

Jadi itulah beberapa sekolah kedinasan yang bisa kalian pilih, perlu diketahui di sini adalah untuk masuk ke sana cukup sulit. Seleksi yang akan diadakan juga tergolong rumit dan banyak tahapannya namun jika kalian memang berminat masuk ke sana jangan patah semangat dan terus persiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.