Kenali Perguruan Tingi Kedinasan Favorit

By | September 12, 2021
Spread the love

Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat atas tentunya kalian ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyak dari kalian ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan berbagai macam jurusannya. Namun tidak sedikit pula di antara kalian yang tertarik masuk ke perguruan tinggi kedinasan.

Keunggulan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Tidak dipungkiri walaupun seleksi masuknya cukup sulit namun peminat perguruan tinggi kedinasan atau PTK ini tidak pernah surut. Tentunya hal itu bukan tanpa alasan karena PTK ini memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan PTN maupun PTS. Kelebihannya seperti biaya pendidikan terjangkau bahkan ada yang gratis dan ada jaminan ikatan dinas sehingga setelah lulus bisa langsung bekerja.

PTK Favorit Di Indonesia

Untuk macam-macam PTK di Indonesia jumlahnya tergolong banyak. Namun di antaranya ada beberapa PTK yang menjadi favorit sehingga yang masuk ke sana bisa dianggap bergengsi. Bagi kalian yang ingin mendaftar PTK dan merasa bingung mengenai pilihannya, maka berikut ini beberapa PTK favorit yang bisa kalian pilih.

  • PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

Bila mendengar kata STAN tentunya kalian sudah tidak asing lagi dan banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan. PKN STAN atau STAN ini sudah berdiri sejak 1952 dan tergolong ke dalam salah satu sekolah kedinasan terbaik bahkan menjadi favorit.

Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI. PTK yang satu ini cukup menarik perhatian banyak calon mahasiswa dikarenakan biaya pendidikannya gratis bahwa tidak dipungut biaya asrama.

Di STAN digunakan sistem ikatan dinas, jadi setelah kalian lulus akan langsung menjadi CPNS. Lulusan yang bisa mendaftar ke PTK ini berlaku untuk SMA, MA bahkan SMK dan untuk jenjang pendidikannya berupa Diploma I dan III.

Untuk diploma I biasanya akan dilakukan pendidikan selama dua semester dan akan diselenggarakan pada kampus Jakarta dan Balai Diklat Keuangan di Palembang, Medan, Makassar, Manado, Balikpapan, Malang, Cimahi dan Yogyakarta.

Selanjutnya untuk diploma III akan berlangsung selama 3 tahun atau 6 semester dan lokasi pendidikannya hanya terletak pada Kampus PKN STAN Jakarta. Jadi sampai sini kalian harus paham mana program studi yang akan dipilih dan juga lokasi kampusnya.

  • Politeknik Statistika STIS

Tempat selanjutnya termasuk favorit terutama bagi kalian yang sangat tertarik dengan bidang statistik, data matematika dan komputer tentunya STIS merupakan pilihan yang tepat. Nantinya bagi siapa pun yang berhasil lulus dari Politeknik Statistika STIS akan bergelar S.ST (Sarjana Sains Terapan).

PTK ini dikelola Badan Pusat Statistik dari tahun 1958, untuk program studinya yaitu D-IV Statistika dan juga D-IV Komputasi Statistik. Masing-masing beban studi yang akan dibebankan kepada para mahasiswanya sebesar 140-160 SKS.

Untuk jurusan statistika ada 2 bagian peminatan dan yang pertama statistika ekonomi yang nantinya berguna agar mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan dan juga analisis berupa data statistik mengenai perekonomian. Untuk yang kedua yaitu statistika sosial kependudukan dan berfokus pada statistika tertapa pada bidang kependudukan, statistik sosial dan juga demografi.

Selanjutnya untuk jurusan komputasi statistik akan berfokus mempelajari teknik pengolahan data, membuat program, analisis data dan juga menyusun sistem informasi statistik. Jadi jika ingin masuk kesini pahami dulu jurusannya dan apa saja yang menjadi fokus dalam jurusan tersebut.

  • Poltek SSN (Politeknik Siber dan Sandi Negara)

Bagi kalian yang sangat tertarik dengan dunia keamanan data dan juga dunia internet tentu saja Poltek SSN adalah pilihannya. Sebelumnya Poltek SSN ini memiliki nama STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) dan sekolah ini berada pada naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Untuk menempuh pendidikan di sini kalian perlu waktu selama 4 tahun dan setelah lulus akan mendapatkan gelar diploma IV.

Untuk daftar program studinya ada dua yaitu program studi D-IV Teknik Persandian dan juga D-IV Manajemen Persandian. Untuk Teknik Persandian akan 2 peminatan yaitu Teknik Kripto dan juga Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.

Untuk pembagian program studinya akan dilaksanakan pada semester 1. Nanti untuk peminatan akan berlangsung ketika semester 3 untuk program Teknik Persandian. Untuk sistem penerimaannya akan menggunakan sistem gugur sehingga kalian harus mempersiapkan diri secara maksimal.

  • STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Sekolah selanjutnya berada sekolah tinggi kedinasan yang berada pada naungan Badan Intelijen Negara dan untuk lokasi kampusnya ada pada Sentul, Bogor, Jawa Barat. Nantinya para taruna di Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN akan diajarkan beragam ilmu yang berkaitan dengan intelijen serta akan ditempa baik fisik maupun mentalnya dengan keras. Sehingga kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Tujuan berdirinya sekolah ini tentu saja agar mampu menyiapkan mahasiswa yang dapat menjadi anggota masyarakat intelijen dengan kemampuan akademik maupun keahlian profesional. Nantinya dengan kemampuan tersebut diharapkan mampu menerapkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, ilmu intelijen, teknologi maupun seni pada bidang intelijen.